March 25, 2019

Transportasi Lombok One Day Tour Gili Trawangan Meno Air

Tipe tour termudah dan tersingkat memang bisa kita kemas dalam bentuk tour 1 hari. Nah, kali ini saya mau cerita tentang banyak hal yang sebenarnya sering ditanyakan oleh traveler saat di Lombok. Selain rutenya, banyak juga yang tanya tentang transportasi Lombok One Day Tour Gili Trawangan Meno Air.

transportasi lombok one day tour gili trawangan meno air

Oleh karena itu, berikut akan saya jabarkan lebih detail tentang :

TRANSPORTASI LOMBOK ONE DAY TOUR GILI TRAWANGAN MENO AIR

Yups, seperti yang Anda ketahui sebelumnya mungkin, Lombok memang sudah terkenal sampai ke seantero dunia. Namun jangan salah, ternyata transportasi umum di pulau indah ini masih minimal, setidaknya sampai saat ini.

Jika dibilang ada, ya memang ada, namun jumlahnya kian hari kian berkurang. Bahkan jika Anda mau menunggu untuk mendapatkan angkutan umum tersebut, mungkin kisarannya bisa sampai 1 jam. Apalagi untuk jalur wisata ke kawasan 3 gili.

Okay, sebelumn saya lanjutkan tentang transportasi menuju ke kawasan tiga gili ini, kita perlu tahu dulu rutenya. Tak lain dan tak bukan agar kita juga bisa memilih moda transportasi yang cocok.

Jika kita start dari Kota Mataram, maka kita bisa mencapai ke kawasan 3 gili TraMenA ini melalui dua jalur, yaitu jalur Hutan Pusuk atau jalur Jalan Raya Senggigi. Dua jalur dengan pemandangan yang berbeda, yang satu view hutan dan perbukitan dan yang satunya pantai plus perbukitan juga.

Transportasi Lombok One Day Tour Gili Trawangan Meno Air Lebih Cocok dengan Charter

Maksudnya adalah, kita lebih fleksibel dan lebih mudah dengan cara sewa atau charter moda transportasi – transportasi tersebut.

‘1. Sepeda Motor

Bagi Anda yang hanya 2 orang, tentu piihan menggunakan sepeda motor menjadi mengasikkan jika cuaca cerah. Sebab sepanjang jalan kita bisa menikmati pemandangan dengan leluasa. Anda pun bisa dengan mudah langsung berhenti untuk berfoto jika menemui spot yang terlihat bagus.

Keunggulan sepeda motor ini juga relatif hemat bensin dan biaya parkirnya. Anda tentu bisa membandingkan sendiri jika kita bepergian dengan sepeda motor dibanding mobil, kan 😀

Sayangnya, saat kita menggunakan sepeda motor ada beberapa risiko juga. Misalnya saat mucim hujan tentu Anda akan langsung kehujanan. Ini sangatlah tidak nyaman apalagi jika Anda ambil rute lewat Hutan Pusuk.

Selain itu, jasa penyedia rental sepeda motor bagi wisatawan domestik relatif sedikit. Hal ini disebabkan banyak penyedia rental sepeda motor mengalami penipuan saat disewa oleh WNI. Hal ini adalah modus penipuan dari para penggelap atau pencuri kendaraan yang berpura – pura jadi wisatawan.

‘2. Mobil

Alternatif kedua adalah menggunakan rental mobil. Jika Anda adalah bukan pemegang KTP lokal, maka kebanyakan dari jasa rental ini juga akan lebih berhati – hati. Sehingga kebanyakan mereka tidak mau ambil penyewaan Anda jika lepas kunci.

Penggunaan mobil memang lebih aman dan nyaman jika dibanding menggunakan sepeda motor. Setidaknya dengan jarak perjalanan sekitar 30 – 45 menit berkendara dari Kota Mataram, Anda dan rekan – rekan bisa nyaman.

‘3. Charter Boat atau Kapal

Mengapa harus charter boat atau dengan sewa kapal ?

Sebab sampai saat ini memang tidak jadwal Public Boat yang bisa menghubungkan ketiga gili secara langsung. Public Boat ini memang ada, yaitu mulai dari rute Pelabuhan Bangsal ke Gili Air atau ke Gili Meno ataupun ke Gili Trawangan.

Namun, untuk rute dari Gili Air ke Gili Meno ataupun dari Gili Meno ke Gili Trawangan relatif sangat jarang. Bahkan, untuk rute sebaliknya dari Gili Air ke Pelabuhan Bangsal ataupun dari Gili Meno ke Pelabuhan Bangsal tidak ada setiap jamnya. Yang berjalan normal untuk rute public boat ini adalah Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan serta sebaliknya, itu ada setiap jamnya.

Oleh karena itu, jika kita hanya punya waktu 1 hari saja alias program day tour ke Gili Trawangan plus Meno plus Air, maka sudah jelas waktunya tidak akan cukup jika menggunakan public boat. Sebagai gantinya kita harus menggunakan charter boat.

4. Sepeda Kayuh

Sepeda ini tentunya tidak kita gunakan untuk moda transportasi utama. Melainkan alat transportasi kita selama di Gili Trawangan. Sedangkan untuk penjelajahan ke dua gili lainnya, yaitu Gili Meno dan Gili Air, saran saya Anda bisa langsung jalan kaki atau explore perairan Gili Meno dan Gili Air ini dari atas kapal yang kita sewa.

Okay, balik lagi ke sepeda ini. Sebenarnya kita bisa eksplore Gili Trawangan juga dengan jalan kaki ataupun naik cidomo. Namun, dengan luas sekitar 2 kilometer persegi, mungkin terlalu menguras tenaga jika kita berjalan kaki keliling pulau Trawangan. Sedangkan jika kita naik cidomo atau sejenis andong khas Lombok ini, maka harganya mahal dan terkadang untuk keliling pulau operator cidomo relatif keberatan. Sebab mereka sebagian besar lebih menyukai trip jemput hotel di Trawangan dan drop ke pelabuhan.

Sampai sini sudah kebayang kan ?

Transportasi Lombok One Day Tour Gili Trawangan Meno Air ini sebenarnya cukup sederhana. Namun juga bisa berubah jadi rumit ketika Anda bingung mau pesannya kemana. Bahkan saat Anda tidak tahu arah mau kemana dan spot mana saja yang bisa kita singgahi.

Hal ini berbeda jika Anda ditemani oleh seorang guide yang bisa mengajak Anda untuk melihat spot terbaik sepanjang rute day tour ini.

Nah, daripada bingung – bingung, saran saya mendingan Anda pesan saja paket Lombok Day Tour Gili Trawangan Meno Air ini. Dan yang paling saya sarankan adalah di TRAVELER CANTIK. Hubungi mereka melalui website https://www.travelercantik.com